Mengapa harga produk China bisa murah?

Gapailah ilmu sampai ke negeri cina seakan judul kalimat motivasi yang banyak sebagian orang mempertanyakan isi dari artikel ini apakah kata-kata motivasi atau tidak, saya sedang tidak menulis artikel motivasi. Saya ingin menulis tentang negeri cina atau bisa dibilang sebagai negeri tirai bambu yang mampu menguasai pasar internasionalnya dengan produk-produk murah. Apa ya rahasianya kenapa produk cina bisa murah. Mari kita menelik apa sih yang menjadi keistimewaan dari negeri tirai bambu ini, sehingga mampu menciptakan produk yang murah dan bersaing di pasar internasional

Sumber daya manusia dicina yang terkenal dengan keuletan dan kepintarannya dijadikan senjata bagi pemerintahnya dalam mengelola kestabilan ekonomi. Di cina sudah terkenal dengan yang namanya home industry yang telah dibina oleh pemerintah, dimana dalam mebuat suatu produk (misalnya sepeda), terdapat ratusan home industry yang mengerjakannya. Pabrik hanya bertugas merakit hasil home industry tersebut. Di negeri tirai bambu tersebut, pendirian mall dibatasi. Dalam satu kota hanya diperbolehkan satu mall, itupun dengan syarat dan izin yang sangat sulit. Tujuannya untuk menghidupkan pengusaha-pengusaha kecil yang jualan di toko-toko.

Yang lebih hebatnya di Shenzen, salah satu kota di China, terdapat pusat penjualan barang-barang palsu. Pemerintah negeri tirai bambu ini tidak melarang rakyatnya untuk melakukan pemalsuan produk, hal ini bertujuan agar rakyatnya terbiasa menggunakan otak kanannya. Tak dipungkiri, pemalsuan barang-barang tersebut mendongkrak perekonomian negeri cina. Tak diragukan lagi cina sebagai negara dengan kemajuan ekonomi yang cepat.

Di saat negara kita sedang berjuang mati-matian untuk meningkatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, di lain pihak Cina justru mengalami tekanan dari dunia agar mau mengambangkan nilai mata uangnya yang dinilai dipatok terlau rendah. Pematokan nilai yuan yang sudah dilakukan semenjak tahun 1994 ini diprotes karena dianggap sebagai penyebab utama miringnya harga produk-produk Cina di pasaran dunia (Sarnianto, 2004).

Kekhawatiran tersebut memang beralasan melihat hampir dapat dikatakan produk-produk berlabel made in China medominasi pasar dunia mulai dari sekedar peniti sampai perangkat elektronika canggih. Di sana juga banyak sekolah kejuruan yang dididik untuk menjadi seorang enterpreuner, andai saja sistem pendidikan di Indonesia, menjadikan siswa sekolah menengah menjadi seorang enterperuner, bukan menjadi seorang buruh pabrik. Saya yakin akan meingkatkan kondisi perekonomian yang stabil karena adanya persaingan bisnis.

 

Mengapa Produk Cina Bisa Murah?

Kuncinya adalah pada Home Industry di Cina. Home Industry tersebut membuat produk cina menjadi lebih murah karena

1. Tiap rumah mengerjakan salah satu komponen produk, sehingga hampir semua penduduk di Negara China bekerja, meskipun usia sudah lanjut, selama mereka masih mampu bekerja maka mereka akan bekerja.
2. Kalau di perusahaan besar, pada umumnya terdapat yang namanya biaya pengawasan, biaya lembur, kesejahteraan dll. Tentunya dengan memanfaatkan home industry tersebut biaya-biaya dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *